Tutorial Mengkoneksikan Receiver Matrix Turbo Spark III Dengan Laptop

Pada postingan sebelumnya kita sudah membahas tentang sebuah receiver parabola yang fenomenal di tanah air yaitu Matrix Turbo Spark III dimana dipostingan tersebut saya mengatakan bahwa receiver tersebut dapat dikoneksikan dengan PC atau Laptop bahkan dengan Android. Pada postingan kali ini mari kita bahas yang pertama saja dulu, yaitu Menghubungkan Matrix Turbo Spark III dengan laptop agar tidak membingungkan. Tujuan dari hal ini adalah untuk memudahkan anda dalam mengobrak abrik isi dari Matrix Turbo Spark ini. Seperti Menambah dan Menghapus daftar satelit, Mengganti boot logo, mengganti Oscam dan banyak hal lainnya yang dapat kita lakukan setelah terkoneksi dengan laptop atau PC. Hal yang harus dipersiapkan adalah:

  • PC atau Laptop
  • Koneksi internet
  • Dongle wifi (tanpa kabel)
  • kabel lan (menggunakan kabel)
  • File DCC (Dreambox Control Center)
  • Cemilan
  • Kopi
  • Rokok bila anda perokok

Tahapan
Setelah anda menyalakan laptop, koneksikan laptop anda dengan internet setelah itu nyalakan receiver Matrix Turbo Spark III tunggu sampai selesai booting. Lalu masuk ke menu sistem dan pilih pengaturan jaringan lalu pilih konfigurasi IP. Setelah itu pada kolom tipe jaringan standar pilih wireless jika anda menggunakan koneksi wifi atau pilih wired jika anda mengkoneksikanya secara langsung menggunakan kabel lan. Setelah itu tekan tombol merah di remote untuk mencari jaringan wifi yang tersedia lalu pilih jaringan dengan menekan ok di remote control. Selanjutnya tekan tombol merah untuk menghubungkan. Bila sudah terhubung maka IP address nya akan muncul disitu. IP address itulah yang nantinya akan kita masukkan ke laptop atau PC melalui DCC (Dreambox Control Center). Untuk Lebih jelas, perhatikan gambar berikut.

Masuk ke menu sistem dan pilih pengaturan jaringan

 

Pilih Jaringan yang anda inginkan, Wireless atau Wired

 

Tekan tombol merah di remote untuk mencari jaringan wifi

 

Pilih jaringan dengan menekan OK setelah meletakkan kursor pada jaringan yang diingiinkan

 

Tekan tombol merah untuk menghubungkan

 

Bila sudah terkoneksi maka IP address nya akan muncul

Setelah selesai dengan receiver sekarang kita beralih ke Laptop. Koneksikan laptop anda dengan jaringan yang sama yang anda koneksikan ke receiver tadi. Setelah terkonsentrasi instal Dreambox Control Center (DCC) bila belum punya file nya download disini (https://www.bernyr.de/dcce2/) Setelah DCC terinstal buka DCC. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut

Tampilan File DCC di laptop

 

Beginilah tampilan DCC apabila telah terkoneksi

 

Beginilah tampilan DCC setelah anda menekanĀ  FTP. Tab sebelah kiri adalah isi receiver sedangkan sebelah kanan adalah isi laptop anda. Selanjutnya anda tinggal memindahkan, menambah atau menghapus file apa saja yang anda inginkan. Untuk pembahasan kali ini saya padai disini dulu. Hal terpenting adalah anda sudah mengerti bagaimana cara untuk mengkoneksikan Receiver Matrix Turbo Spark III dengan Laptop untuk perihal selanjutnya bisa anda tanyakan di kolom komentar dan akan saya jawab sebisanya. Terimaksih atas waktu dan atensinya salam @tfq86.

Leave a Reply