Siapa Yang Sanggup Bertahan? [Steempress #26]

Ketika harga sbd naik di akhir tahun lalu, orang berduyun duyun mendaftar di platform steemit termasuk saya meskipun pada saat saya mendaftar waktu itu saya tidak tau menau tentang harga steem dan SBD. Di akhir bulan januari 2018 saya diterima di platform steemit setelah menunggu selama lebih kurang satu bulan lamanya. Hari-hari pertama di steemit merupakan hari-hari yang membingungkan namun itu wajar karena tidak ada bayi yang lahir langsung bisa berlari kecuali bayi rusa dan beberapa binatang lainnya. Bertanya kesana kemari setelah membuat beberapa tulisan “sampah” disana sini sampai juga saya di reputasi 40 setelah berangkat dari reputasi 25 sebagai reputasi awal untuk semua pengguna steemit.

Kembali melanjutkan perjuangan setelah mendapat reputasi 40 mulailah saya mengenal beberapa teman di steemit yang penuh semangat dan motivasi seperti @hermanlc yang merupakan teman seangkatan karena kami daftar dihari yang hampir sama dan diterima di Steemit pada tanggal yang sama ada juga saudara @jubagarang yang memang terkenal garang di dunia steemit ini @rexobal yang suka diam tapi penuh kejutan @abughaisan83 pekerja sosial yang pantang menyerah @suwairahidris salah satu srikandi aceh dalam perkumpulan kami @yusuf2018 yang pada akhirnya kami semua ini terkumpul dalam sebuah komunitas yang kami beri nama @meudrat. Semakin hari semakin jauh perjalanan yang kami lalui semakin banyak pula pengalaman yang kami dapat di steemit. Pengalaman-pengalaman ini membuat saya semakin mengerti meskipun belum sampai pada tingkat ahli tentang apa itu steemit. Belajar, berbagi, membangun pertemanan, bergabung dengan beberapa komunitas seperti @steemcommunity, @sevenfingers @ksi @nsc dan baru-baru ini ada @efa dan juga @eu-id serta beberapa komunitas lainnya yang kesemuanya itu membantu saya dalam menemukan jati diri saya di steemit untuk tumbuh dan berkembang di platform yang luar biasa ini.

Sekarang ini harga steem dan SBD sedang meluncur ke bawah menukik tajam hingga pada harga 15.000 sering naik perlahan tetapi turun lebih tajam tidak seperti harga BBM di negeri kita yang sering tapi lupa turun harga SBD dan steem cuma naik sebentar setelah itu turun malah lupa untuk baik lagi. Dalam masa paceklik seperti ini saat dimana sebuah konten yang terkadang sudah kita susun sedemikian rupa dengan segala pernak perniknya tetapi malah sepi pengunjung. Siapa yang akan bertahan? Sebuah pertanyaan yang menarik untuk dicermati pada saat-saat seperti ini. Pada suatu masa @levycore pernah bertanya dipostingannya. Apa yang akan anda lakukan jika harga SBD dan steem turun? lebih kurang pertanyaannya seperti itu. Saya masih ingat dengan jelas pertanyaan itu bahkan saya ikut memberi jawaban pada postingan tersebut dan saya rasa jawaban yang saya berikan pada postingan tersebut tidak menyimpang dari apa yang saya lakukan sekarang. Bila tujuan anda bergabung di steemit murni hanya untuk meraup pundi-pundi dolar, maka saat ini anda pasti sudah berhenti sebagai pembuat konten. Steemit tidak melulu soal uang masih banyak hal menarik lainnya yang bisa anda temui di platform ini yang bisa membuat anda bertahan meskipun disaat paceklik seperti saat ini. Saya sendiri masih merasa nyaman untuk tetap eksis di steemit dengan satu postingan sehari kecuali ketika saya sedang banyak kerjaan yang harus saya lakukan di dunia nyata. Saya senang dengan teman-teman steemian di Indonesia yang saya lihat masih tetap eksis juga di saat seperti ini yang berarti bahwa mereka punya tekad yang sangat kuat untuk bertahan dan bukan semata-mata karena dolar.

Di akhir kata saya ingin mengajak teman-teman steemit khususnya Indonesia untuk terus bertahan meskipun dalam masa yang sulit seperti saat ini. Saya pernah mendengar sebuah pepatah aceh yang berbunyi “pat ujeun yang han pirang pat prang yang han reuda” (tidak ada hujan yang tak pernah reda, tak ada perang yang tak pernah berakhir) sesulit apapun keadaan yang kita hadapi saat ini pada akhirnya pasti akan ada kemudahan. Hanya orang-orang yang sanggup bertahan pada masa sulit yang akan menikmati kemudahan dimasa senang.

Ingin lebih kenal tentang @Steempress-io, bergabunglah bersama kami di discord https://discord.gg/TyvbBTg

Leave a Reply