Semakin Sepi [Steempress #50]

[Sumber](https://pixabay.com/id/photos/?q=sepi&hp=&image_type=all&order=&cat=&min_width=&min_height=)

Perkembangan steemit hari-hari ini semakin sepi. Tidak lain penyebabnya adalah semakin melemahnya harga steem dan SBD. Konten kreator pun semakin lesu tidak seperti akhir tahun 2017 lalu sampai dengan awal tahun 2018 saat dimana saya mulai mengenal steemit. Entah bagaimana caranya harga steem dan SBD bisa naik lagi. Saya sempat membaca postingan dari timcliff yang mengajak kita semua untuk kembali mempromosikan steem bukan steemit. Kalau saya tidak saya memahami postingan tersebut, itu seperti mengajak orang untuk berinvestasi mencari cara untuk meyakinkan agar benar-benar yakin bahwa platform ini adalah tempat yang cocok untuk berinvestasi. Dengan demikian dunia blockchain akan kembali bergairah. Untuk member steemit seperti saya yang masih seumur jagung dengan pengetahuan tentang crypto yang masih nihil saya hanya bisa terus menciptakan konten untuk komunitas ini sambil terus berdoa supaya harga steem dan SBD kembali bergairah. Sebisa mungkin terus berusaha untuk menciptakan konten yang bermanfaat meskipun hanya secuil informasi yang berguna.

[Sumber](https://pixabay.com/id/photos/?q=lesu&hp=&image_type=all&order=popular&cat=&min_width=&min_height=)

Gairah saya sedikit hilang ketika sempat membaca sebuah postingan dari paulag [disini](https://steemit.com/steemit/@paulag/when-your-posts-keep-earning-less-than-usd0-03)

  1. Many people think they need to keep posting to be active on steemit.  To be seen. But posting is only one aspect of the block.  Reading, commenting, resteeming, upvoting, replying to replies are all other elements.

Kalimat diatas sedikit membuat saya merasa bersalah, karena selama ini saya lebih fokus kepada membuat konten sementara untuk semakin tumbuh di komunitas ini kita perlu lebih dari itu. Membaca, berkomentar, upvote, membalas komentar adalah adalah hal lainnya yang harus kita lakukan selain membuat konten. Membangun jaringan membuat kita akan semakin dikenal dikomunitas ini. Dengan hanya terus membuat konten tanpa membangun jaringan akan membuat kita tidak terlalu dikenal dikomunitas ini. Hal tersebut akan membuat kita merasa sendiri meskipun berada dikeramaian. Networking begitu istilahnya dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia bisa kita artikan membangun jaringan. Caranya bisa dengan membaca postingan orang lain dan berkomentar lalu memberikan upvote bila itu memang layak. Mungkin itulah salah satu cara bagi kita untuk tetap bergairah berada di steemit meskipun harga SBD dan Steem tak kunjung naik.

[Sumber](https://pixabay.com/id/photos/?q=networking&hp=&image_type=all&order=popular&cat=&min_width=&min_height=)

Harus saya akui bahwa postingan saya selama ini sedikit mengalami peningkatan dari masa sebelumnya. Dimana disetiap postingan saya masih mendapatkan $0, sementara sekarang banyak diantara postingan saya mendapat reward $1 bahkan $2. Tetapi tetap saja saya merasa seperti ada sesuatu yang masih kurang. Bukan dari reward nya melainkan kurangnya aktivitas di postingan saya. Seperti jarangnya orang berkomentar. Saya merasa itu adalah kesalahan saya sendiri yang sangat jarang berkomentar di postingan orang lain dan juga kurangnya membaca postingan orang lain secara tuntas. Kesibukan saya di dunia nyata membuat saya terkadang hanya bisa melihat sekilas beberapa postingan dan memberi upvote tanpa sempat meninggalkan komentar. Sebisa mungkin saya akan terus mencoba untuk bisa berbaur dengan steemian lainnya khususnya steemian dari Indonesia agar kehidupan di platform ini akan terasa tetap hangat. Maafkan saya bila tak sempat berkunjung ke postingan kalian meskipun kalian sudah menyempatkan diri untuk mampir di blog saya. Terima kasih dan salam @tfq86.

 

Leave a Reply