Sehari Penuh Ceria Di Dunia Fantasi [Steempress #20]

Jam menunjukkan pukul 11 pagi, cuaca hari itu cukup menyengat cukup untuk membuat dada anda terasa sesak karena panasnya udara yang bercampur dengan asap yang keluar dari knalpot kenderaan yang saling berkejar-kejaran di Jalan raya Bogor. Perjalanan belum terlalu jauh namun lelah sudah sangat terasa. Sepanjang jalan sangat sulit menemukan pepohonan untuk berteduh. Kemacetan lalu lintas serta setiap saat harus berhenti di lampu merah menambah siksaan yang kami rasakan hari itu hampir saja niat kami untuk bersua dengan Taman Impian Jaya Ancol gagal. Namun kami tidak punya pilihan karena Taman Impian Jaya Ancol tidak buka dimalam hari serta rasa penarasan yang menyergapku membangkitkan kembali semangat yang hampir sirna ditelan panas dan lelah. Lebih kurang satu jam tiga puluh menit itulah waktu yang harus kami tempuh hari itu untuk bisa sampai di pintu masuk Taman Impian Jaya Ancol. Dengan menggunakan sepeda motor kami berangkat dari Ciracas jakarta Timur pukul 11 dan tiba di Taman Impian Jaya Ancol Jakarta Utara sekitar pukul 12.30.

Taman Impian Jaya Ancol merupakan salah satu tempat wisata favorit yang ada di Jakarta selain tempat-tempat menarik lainnya yang sering dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun luar daerah bahkan luar negeri. Dengan lahan seluas 552 hektar menjadikan Taman Impian Jaya Ancol sebagai tempat wisata terbaik di Jakarta dengan mengusung konsep entertainment, konvensi dan wisata belanja. Objek wisata di Ancol terdiri dari :

  • Pantai dan Taman
  • Dunia Fantasi ( Dufan )
  • Atlantis Water Adventure ( Atlantis )
  • Gelanggang Samudra ( Samudra )
  • Sea World
  • Putri Duyung Cottages
  • Padang Golf Ancol
  • Marina
  • Pasar Seni
  • Pulau Bidadari
  • Ritel
  • Hailai Executive Club
  • Kereta Gantung ( Gondola )
  • Bowling
  • Tempat Makan dan Wisata Kuliner

(sumber :http://www.gudangalamat.com/2014/10/taman-impian-jaya-ancol-tempat-wisata.html)

Setelah kami membayar biaya masuk sebesar 65.000 pada hari itu di pintu masuk selanjutnya kami bergerak menuju area parkir untuk memarkirkan sepeda motor. Tanpa banyak membuang waktu kami langsung menuju Counter kasir untuk membayar tiket masuk. Harga tiket masuk pada waktu itu sebesar 325.000 per orang. Harga tersebut tidak terlalu mahal mengingat anda sudah bisa masuk ke Ancol secara free selama satu tahun setelah membuat kartu ditempat yang disediakan di Ancol ini secara gratis. Apa yang harus anda lakukan adalah mengantri selama lebih kurang satu jam hingga proses pembuata kartu Ancol selesai. Setelah menyelesaikan semua proses yang dibutuhkan barulah kami menjelajahi tempat-tempat hiburan yang kami inginkan. Berhubung pada hari itu kami tidak punya waktu yang cukup untuk semua tempat wisata yang ada di Ancol, maka kami memilih salah satunya saja, yaitu Dunia Fantasi atau sering disebut Dufan.

Dufan merupakan theme park pertama yang ada di Jakarta dan menjadi pusat hiburan outdoor terbesar di Indonesia yang menyajikan berbagai macam hiburan kepada pengunjungnya dengan fantasi keliling dunia, itulah sebabnya tempat ini disebut Dunia Fantasi. Dengan berbagai wahana permainan yang berteknologi tinggi membuat Dufan sangat digemari oleh para wisatawan. (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Impian_Jaya_Ancol)

Terdapat begitu banyak wahana yang bisa anda coba di Dufan bila anda berkunjung kemari. Dari kesemua wahana tersebut saya hanya sempat mencoba beberapa saja, diantaranya:

  • Bianglala

Bianglala merupakan sebuah kincir yang sangat besar dan tinggi. Dengan menaiki Bianglala ini anda akan dibawa sampai ketinggian puluhan kakai dari permukaan tanah. Ketika berada di ketinggian, anda bisa menikmati pemandangan indah yang ada disekitar lokasi Dufan ini. Bianglala ini bergerak perlahan sehingga anda tidak perlu merasa risau untuk tidak bisa menikmati pemandangan ketika anda berada di ketinggian.

  • Kora-kora

Kora-kora ini merupakan sebuah wahana yang berbentuk perahu dengan tempat duduk berjejer seperti di dalam bus. Kora-kora ini bergerak mengayun maju mundur dari perlahan sampai ayunan kencang. Tempat duduknya dilengkapi pengaman yang bisa menjaga anda tetap aman meskipun sudah berayun kencang.

  • Ontang-anting

Wahana ini juga tidak kalah menarik, bentuknya juga seperti ayunan yang berputar dari perlahan sampai sangat kencang. Ketika putarannya mencapai maksimal anda akan merasa seperti terbang dengan kecepatan tinggi. Semua pengunjung yang mencoba wahana ini pasti akan bertiak histeris ketika ayunannya mencapai kecepatan maksimal.

  • Rajawali

Wahana ini hampir sama dengan Ontang-anting namun wahana ini akan membawa anda naik dan turun sambil terus berputar.

Itulah beberapa wahana yang sempat saya coba ketika saya berkunjung ke Dufan dalam rangka liburan saya ke Jakarta beberapa waktu yang lalu. Bila anda datang kemari dan ingin mencoba permainan tersebut, jangan lupa untuk mengikuti instruksi yang diberikan oleh penjaga disetiap tempat yang anda kunjungi. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselamatan anda sendiri. Hanya inilah penggelan cerita yang bisa saya bagikan kepada para pembaca sekalian semoga postingan ini menghibur dan bermanfaat. Terimakasih dan salam @tfq86.

Foto-foto kunjungan saya ke Dufan

Ingin tau lebih banyak tentang @steempress-io gabung di discord nya disini https://discord.gg/TyvbBTg

Leave a Reply