Pentingkah Ber-qurban? [Steempress #35]

[Sumber](http://www.bersamaislam.com/2017/08/rukun-syarat-dan-hikmah-qurban-sesuai.html?m=1)

 

Sahabat Muslim sekalian cuma dalam hitungan hari saja kita akan memasuki sebuah hari yang istimewa buat kita umat Islam, yaitu Hari raya Qurban maka ada baiknya pada kesempatan kali ini kita bahas sedikit tentang berqurban. Berquban merupakan sebuah amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasul untuk umat Islam. Saking pentingnya amalan tersebut Rasul bahkan menganjurkan kita untuk melakukan nya paling tidak sekali dalam seumur hidup. Kenapa berqurban sangatlah penting? Simakalah petikan hadist berikut

“Dari Aisyah, bahwa Nabi bersabda: “Tidak ada amalan yang dikerjakan anak Adam ketika hari (raya) kurban yang lebih dicintai oleh Allah ‘Azza Wa Jalla dari mengalirkan darah, sesungguhnya pada hari kiamat ia akan datang dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darah tersebut akan sampai kepada الله sebelum jatuh ke tanah, maka perbaguslah jiwa kalian dengannya.” (HR. Ibnu Majah, At-Tirmidzi, Al-Hakim berkata isnad hadits shahih) الحديث. [Sumber](https://googleweblight.com/i?u=https://bluejundi.wordpress.com/2013/09/30/dalil-hadits-keutamaan-berkurban/&hl=id-ID)

Dari hadis di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwasanya berqurban itu merupakan sebuah amalan yang sangat mulia. Semua manfaat dari qurban tersebut akan kembali lagi untuk kita di hari akhirat nanti bahkan binatang yang kita qurban kan tersebut akan menjadi kenderaan kita kelak dalam mengarungi padang mahsyar menuju persidangan yang maha adil.

Dengan berqurban rasa persaudaraan antara si kaya dan simiskin juga akan semakin erat. Betapa tidak, terkadang keluarga miskin yang tidak pernah mencicipi daging akhirnya dapat merasakannya dengan berkat adanya qurban dari orang kaya,bukankah itu akan mempererat rasa persaudaraan?

Berikut beberapa fadhilah berqurban yang saya kutip dari beberapa sumber

  • Menambah Rasa Syukur Kepada الله

Dengan berqurban kita telah menyelesaikan sebuah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasul dengan demikian rasa cinta kepada الله pun akan semakin bertambah dan itu juga merupakan bentuk rasa syukur kita atas harta yang telah dititipkan oleh الله.

  • Salah Satu Ciri Seorang Muslim

Islam adalam agama yang damai dan saling mengasihi. Dengan melakukan qurban maka kita telah menunjukkan salah satu ciri khas kita sebagai seorang Muslim.

  • Peduli Sesama

Seperti yang saya katakan tadi, berqurban juga merupakan bentuk rasa peduli kita terhadap sesama. Kadang kala ada orang miskin yang tidak sanggup membeli daging, dengan adanya qurban maka mereka dapat menikmatinya tanpa harus membeli.

  • Bekal di Hari Akhir

Sebagai seorang muslim yang percaya akan adanya kehidupan setelah kematian maka dengan berqurban kita telah menyiapkan bekal kita untuk menyongsong alam yang kekal abadi.

  • Mendapatkan Ampunan

Tidak hanya saling membantu, dengan berqurban juga dapat terampuni dosa. Sebagaimana tersebut dalam sebuah hadis “Hai Fatimah,berdirilah di sisi korbanmu dan saksikanlah ia, sesungguhnya titisan darahnya yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu” (HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban) الحديث [Sumber](https://www.google.co.id/amp/s/dalamislam.com/akhlaq/amalan-shaleh/manfaat-berkurban-dalam-islam/amp)

  • Mensucikan Harta dan Jiwa

Salah satu manfaat lain dari berqurban adalah untuk mensucikan harta dan jiwa kita. Sebagaimana kita ketahui bahwasanya dalam harta yang kita miliki ada hak-hak fakir miskin yang harus kita tunaikan dan dengan melakukan qurban kita juga akan terhindar dari sifat kikir dan tamak.

Itulah beberapa manfaat dari berqurban yang dapat saya paparkan. Postingan ini saya kutip dari beberapa sumber. Semoga postingan ini memberikan manfaat untuk kita semua terlebih lagi untuk saya sendiri. Kiranya dengan membaca postingan ini hati anda dapat tergerak untuk melakukan qurban. Terima kasih dan salam idul adha.

Leave a Reply