Panduan Lengkap Cara Memasang Antenna Parabola [Steempress #09]

Salam untuk sahabat semua….

Kali ini saya kembali mencoba untuk membuat postingan melalui @steempress-io semoga postingan kali ini bermanfaat untuk sahabat semuanya. Kali ini saya tertarik untuk membahas tentang bagaimana cara memasang antenna parabola. Apa saja yang harus disediakan?

  • Antenna parabola
  • LNB
  • Tiang
  • kabel
  • kunci 10,12,14,19, obeng, kunci inggris, palu
  • Mesin bor
  • Skrup fischer

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memasang tiang. Posisi tiang harus tegak lurus karena tiang yang tidak tegak lurus ajan mempengaruhi pada kualitas sinyal yang didapat.

Untuk membuat tiang kokoh sebaiknya gunakan skrup fischer baik itu tiang tempel atau tiang model duduk.

Selanjutnya rangkai antena parabolanya. Parabola baru biasanya terdiri dari 4 lembar yang harus dirangkai supaya membentuk parabola.

Beginilah penampakan parabola setelah selesai dirangkai ke 4 lembar nya. Ini adalah foto yang saya ambil beberapa waktu yang lalu ketika saya memasang parabola pada salah satu rumah client saya. Cara merangkainya adalah dua dua lembar. Maksudnya adalah jangan dirangkai satu tambah satu tambah satu sampai empat, tetapi satu lembar tambah satu lembar sehingga membentuk setengah parabola lalu rangkai lagi dua lembar berikutnya sehingga membentuk setengah parabola lagi barulah digabungkan dua rangkaian tersebut sehingga membentuk parabola sempurna. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di atas.

Setelah itu pasangkan mounting nya pada parabola yang sudah dirangkai tadi

Fungsi mounting tersebut adalah agar parabola bisa dipasangkan ke tiang, selanjutnya adalah untuk dipasangkan tiang fokus dan untuk mengatur derajat kemiringan dan arah parabola agar terpointing tepat ke arah satelit sehingga bisa mendapatkan kualitas sinyal yang maksimal.

Selanjutnya adalah memasang lnb pada tiang fokus. Posisi harus benar-benar fokus. Arah nol pada lnb harus benar-benar sejajar dengan posisi tengah parabola.

Arah nol lnb harus mengarah timur-barat dan sejajar dengan garis tengah parabola supaya benar-benar focus dan akan memudahkan kita dalam memburu sinyal satelit. Setelah itu pasangkan tiang focus yang sudah dipasangi lnb tersebut pada mounting yang sudah dipasangkan terlebih dahulu pada parabola yang sudah dirangkai tadi.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan kabel melalui lubang yang tersedia pada tiang focus dan dipasangkan pada lnb agar bisa dihubungkan ke receiver untuk menerima sinyal dan mendapatkan siaran. Setelah semua selesai barulah kita memasang parabola tersebut pada tiang yang sudah terlebih dahulu kita pasang tadi. Setelah semua terpasang barulah kita mengatur kemiringan dan arah parabola supaya bisa mendapatkan sinyal yang kita inginkan. Untuk mencari sinyal tersebut agar lebih mudah, gunakan satfinder atau satellite finder sebuah alat untuk mencari sinyal satelit. Dengan menggunakan alat ini anda bisa dengan leluasa mencari sinyal satelit yang anda inginkan. Tanpa alat ini, anda juga masi bisa mencari sinyal satelit namun lebih sulit, yaitu dengan membawa televisi keluar supaya anda bisa memperhatikan sinyal satelit yang sedang anda buru.

 

gambar satfinder yang saya gunakan untuk mencari sinyal satelit. Alat ini namanya SatLink ws-6933 yang saya beli secara online harganya berkisar 1.000.000an sangat recommended untuk para sat tracker. Selain portable karena menggunakan baterai juga sangat peka terhadap sinyal, jadi anda tetap bisa bekerja meskipun sedang mati lampu. Itulah sedikit ulasan dari saya semoga bermanfaat untuk semua yang membacanya. Bila ada hal yang ingin anda tanyakan terkait postingan ini, silahkan dikolom komentar.

 

 

Leave a Reply