Panduan Cara Menggabungkan Satelit Palapa dan Asiasat7 Dalam Satu Parabola [Steempress #10]

Hai sahabat satelit mania, kembali lagi bersama saya @tfq86….

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan sedikit tips untuk para pembaca sekalian tentang bagaimana menggabungkan Satelit Palapa dan Asiasat7 dalam satu parabola. Hal ini sudah saya praktekkan sendiri dan berhasil. Sekedar untuk diketahui, bahwa saat ini Piala Dunia sedang bergulir di Rusia sana. Bagi anda football lover anda bisa menggunakan trik ini agar bisa menonton piala dunia dirumah. Kebanyakan Parabola sekarang dipasang dengan dua LNB untuk menge-lock satelit Palapa dan telkom3s dimana di satelit tersebut terdapat siaran-siaran swasta Nasional seperti yang sudah saya ulas dalam postingan sebelumnya.

Trik ini adalah untuk parabola yang tidak menggunakan penggerak, yaitu parabola dengan satu arah. Dalam mempraktekkan trik ini tentunya anda harus kehilangan siaran satelit telkom3s untuk sementara waktu dikarenakan anda hanya punya dua lnb. Bila anda ingin menikmati ketiga-tiganya maka anda harus membeli satu lnb lagi. Untuk satu parabola dengan tiga lnb, yaitu palapa, telkom3s dan Asiasat7 saya belum mempraktekkan nya namun sekedar untuk diketahui beginilah susunan lnb nya

Untuk susunan lnb palapa dan Asiasat7, anda bisa meletakkan nya seperti ini

dengan jarak antara dua lnb sejauh 6.7 cm untuk ukuran parabola 6 feet. Arahkan tiang fokus menghadap ke Barat, dengan lnb yang pertama (fokus) kita setting untuk Asiasat7 dan lnb yang kedua (offset) untuk palapa. Untuk pengaturan lnb di receiver, setting seperti ini.

 

 

Setelah anda melakukan settingan seperti di atas, selanjutnya tinggal scan saja. Untuk siaran piala dunia di Asiasat7 frekwensi nya 4180 v 30000 nama siaran nya ten sport Pakistan dan sony ten 1 hd. Dengan trik ini anda sudah bisa menonton piala dunia dan juga siaran televisi tanah air. Setelah piala dunia berakhir maka anda bisa merubah kembali posisi lnb ke posisi semula yaitu untuk menge-lock palapa dan telkom3s. Bila anda kesulitan dalam melakukannya, dalam postingan selanjutnya saya akan membuat postingan tentang bagaimana cara menge-lock palapa dan telkom3s dalam satu parabola tanpa penggerak.

Bila parabola yang anda gunakan adalah merek paragon dengan ukuran 8 feet, maka jarak antara kedua lnb adalah 8cm. Jarak tersebut bisa saja sedikit berkurang atau bertambah sedikit dalam pelaksanaan nya disesuaikan saja dengan kondisi dilapangan. Hal terpenting adalah anda sukses menge-lock kedua satelit yang anda buru. Semakin besar parabola yang anda gunakan maka akan semakin besar pula peluang anda untuk sukses dan dalam pengerjaan nya pu akan semakin mudah. Untuk lebih mengetahui secara detail derajat posisi setiap satelit, langsung saja anda ke web www.lyngsat.com disitu sudah tersedia semua satelit yang anda inginkan lengkap dengan derajat nya dan juga semua frekwensi siaran nya.

Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat untuk semua pembaca, bila ada hal yang ingin anda tanyakan mengenai postingan ini langsung saja ke kolom komentar. Salam @tfq86.

 

Leave a Reply