Nikmatilah Hidup Karena Hidup Ini Sebentar Saja [Steempress #42]

[Sumber](https://m.kaskus.co.id/thread/56c584cf9252336e6a8b4568/beberapa-hal-kecil-yang–membuat-kita-bahagia/)

Sahabat steemian yang berbahagia, jumpa lagi dengan saya @tfq86. Kali ini saya ingin mengajak kalian untuk membaca postingan saya tentang menikmati hidup. Semua orang punya hidup yang berbeda-beda dan kualitas yang berbeda pula. Semua orang berlomba-lomba dalam bekerja untuk mengumpulkan uang demi hidup yang lebih baik. Namun taukah kalian tidak semua orang menikmati hidupnya meskipun telah bekerja pontang panting sepanjang hidupnya. Dalam hemat saya bekerja adalah untuk mendapatkan uang agar kebutuhan hidup tercukupi dan selebihnya adalah untuk kita nikmati. Saya sering melihat kehidupan orang-orang disekitar saya yang terus bekerja keras untuk membahagiakan anak dan istrinya sementara dirinya terus hidup dalam beban. Beban pekerjaan beban tanggung jawab dan banyak beban lainnya yang ia pikul tanpa pernah sekalipun saya mendapatinya membelanjakan sejumlah uang yang telah dia untuk jalan-jalan misalnya atau mengunjungi tempat-tempat wisata untuk merefresh pikiran nya bahkan yang sering terlihat adalah anak-anaknya yang tidak segan-segan menghabiskan uang orang tuanya untuk hal-hal yang tidak perlu. Bukan ingin mengatakan hidup seperti itu tidak baik bahkan kadang dia sendiri menikmati hidup yang seperti itu, tetapi bagi saya, hidup bukanlah seperti itu yang harus menahan diri bahkan setelah bekerja keras sepanjang hidup.

[Sumber](http://abuzaid-alkebumeny.blogspot.com/2014/03/normal-0-false-false-false-in-x-none-ar.html?m=1)

Orang sering berpikir bahwa dia harus menyisakan harta yang banyak untuk anak-anaknya sebagai warisan agar anaknya hidup tenang setelah dia mati. Tetapi apa yang terjadi setelahnya adalah anak tersebut saling bertengkar memperebutkan harta warisan orang tuanya dan yang lebih miris lagi adalah anaknya sama sekali tidak ingat akan sang ayah yang telah mewarisi harta tersebut. Sangat menyakitkan bukan? Bagi saya semua makhluk hidup rezeki telah ditanggung sepenuhnya oleh الله jadi kenapa kita harus sibuk memikirkan harta peninggalan untuk anak-anak kita sementara jatah rezeki mereka sudah ada yang menanggungnya, logis kan? biarlah berjalan sebagaimana mestinya yang tersisa itulah yang mereka nikmati, bila memang tidak tersisa kita juga tidak akan bersalah dimahkamah الله akhirat nanti. Yang harus kita bekali untuk mereka adalah ilmu bukan harta. Ingat… ilmu! bukan harta.

[Sumber](https://www.slideshare.net/mobile/audhiesenas/menikmati-hidup-mu-proveb-salomo)

Sangat disayangkan ada orang yang kaya harta tetapi menyesali hidupnya ketika masa tuanya karena tidak sempat menikmati hidupnya. Dia terus saja bekerja dan bekerja tanpa sempat menghabiskan sedikit uang yang ia cari untuk bersenang senang. Apa yang saya maksudkan disini bukanlah berfoya-foya dan bermaksiat dengan harta yang kita punya akan tetapi sekedar untuk menikmati kehidupan seperti berlibur ketempat yang indah menyaksikan keindahan alam ciptaan tuhan. Meski harus menghabiskan sejumlah uang saya hal itu tidak mengapa karena dengan begitu kita akan menikmati kehidupan dan akan lebih mensyukurinya. Hal lainnya yang bisa kita lakukan untuk menikmati hidup adalah bersedekah. Ada kebahagiaan yang kita dapatkan ketika kita bisa membantu orang lain. Hal ini bukanlah gurauan anda akan mengetahuinya ketika anda melakukan hal tersebut. Orang yang pelit hidupnya terasa sempit meskipun hidup bergelimang harta sementara orang yang suka membantu hidupnya akan terasa lapang meskipun hidup dengan harta yang pas-pasan. Ketahuilah bahwasanya dengan bersedekah kita tidak akan miskin. Akan ada rezeki lainnya yang akan berdatangan ketika kita mau membantu orang yang membutuhkan.

Postingan ingin tidak bermaksud untuk menghakimi seseorang dengan metode hidup yang ia jalani, namun postingan ini lebih mengarah kepada ajakan bagi siapa saja yang merasa terajak dan menganggap postingan ini bermanfaat. Terimakasih banyak atas atensinya dan salam hangat dari saya @tfq86.

Leave a Reply