Mungkin Tahun Ini Jatah Kita [Steempress #51]

[Sumber](http://makassar.tribunnews.com/2018/09/10/24-kata-kata-mutiara-ucapan-selamat-tahun-baru-islam-1-muharram-1440-h-cocok-di-fb-ig-wa)

Selamat tahun baru steemian semua dan selamat berlibur semoga hari anda selalu indah dan menyenangkan. Pada pembahasan kali ini saya tertarik untuk membahas tentang Tahun baru Hijriah yang merupakan tahun baru umat Islam sedunia. Tanpa terasa kita sudah berada di 1440 H yang berarti kiamat semakin dekat. Percaya akan hari kiamat merupakan salah satu rukun iman maka bila anda tidak percaya akan hal tersebut artinya anda belum termasuk dalam golongan mukminin dan itu bisa jadi bencana buat anda. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa setiap umat Nabi sebelumnya diberikan jatah seribu tahun sampai berganti dengan umat nabi selanjutnya. Teristimewa buat kita umat Nabi Muhammad, kita diberikan jatah sampai seribu lima ratus tahun dan saat ini kita sudah memasuki tahun 1440 maka sisanya adalah 60 tahun ditambah umur Nabi kita Muhammad, yaitu 63 tahun maka secara teori sisa umur bumi adalah 123 tahun lagi. Itu teorinya lalu bagaimana dengan kepastiannya? tidak ada yang tau kapan hari kiamat itu akan tiba. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari pengajian yang saya ikuti, bahwa hari kiamat akan terjadi pada bulan Muharram hari Jumat tetapi kita tidak pernah tau Jumat yang mana dan bulan Muharram tahun berapa. Semoga kita tidak pernah sempat menyaksikan matahari terbit di sebelah barat pada pagi jumat bulan Muharram.

[Sumber](http://www.sholihah.web.id/2015/10/inilah-sepuluh-gambaran-hari-kiamat.html?m=1)

Ada hal lainnya yang menarik untuk dibahas dibulan Muharram selain terjadinya kiamat. Keduanya adalah misteri. Menarik untuk diperbincangkan namun menyakitkan untuk diterima karena keduanya merupakan akhir dari segalanya dan awal dari sesuatu yang kekal, yaitu mati. Mati itu sendiri merupakan kiamat juga namun mati digolongkan kepada kiamat kecil karena hanya menimpa orang-orang tertentu saja sementara kiamat adalah kehancuran total dari langit dan bumi. Lalu apa hubungannya mati dengan bulan Muharram? Setiap kita akan menemui ajal pada saatnya tiba sesuai dengan firman الله
>setiap yang hidup pasti akan merasai mati.” 

Saat yang paling ditakuti oleh manusia berdosa tetapi dirindukan oleh manusia yang taat. Kita tidak pernah tau kapan mati akan datang, namun yang pasti bila bukan tahun kemarin maka bisa jadi tahun ini merupakan jatah kita. Hari ini kita sudah memasuki awal tahun yang baru yang bisa jadi merupakan tahun kematian kita. Bila tahun ini juga bukan maka bisa tahun depan adalah saatnya itulah sebabnya kenapa saya memberi judul postingan ini MUNGKIN TAHUN INI JATAH KITA. Apapun yang kita lakukan kita tidak akan pernah bisa menghindari kematian. Pada saatnya tiba dimanapun kita berada apapun yang kita lakukan kita akan tetap mati. Apa yang bisa kita lakukan hanyalah mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian tersebut. Bukan berlari darinya namun bersiaplah untuk menghadapinya.

Kita semua berharap semoga tahun ini adalah tahun yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Lebih baik dari segi ketaatan kita kepada yang Maha Kuasa, lebih baik dari segi rezeki, lebih baik dari segi persaudaraan, lebih baik dari segi apapun yang mengarah kepada kebaikan. Semoga tahun ini kita lebih siap dari tabun sebelumnya. Lebih siap dalam menghadapi mati daripada tahun sebelumnya karena siapa tau tahun ini adalah jatah kita untuk mati. Mudah-mudahan postingan ini dapat membantu saya sendiri khususnya dalam merenungi kehidupan ini yang hanya satu jam setengah saja dan akan lebih baik lagi bila postingan ini berguna bagi para pembaca umumnya. Akhir kata izinkan saya @tfq86 mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU UNTUK SELURUH UMAT ISLAM SEDUNIA.

Leave a Reply