Mengupas Tuntas Seputar Receiver Matrix Turbo Spark III

(Sumber https://www.satelitindonesia.com/2015/10/harga-receiver-matrix-turbo-iii-spark.html?m=1)

Sahabat Sat tracker dan steemian yang berbahagia, kali kita akan membahas tentang sebuah satelit receiver, yaitu Matrix Turbo Spark III. Receiver ini sangat digemari oleh para tracker satelit tanah air karena memang receiver ini merupakan produk asli Indonesia yang mampu bersaing dengan receiver keluaran luar negeri. Selain tampilan body nya yang dinamis, Matrix Turbo Spark III ini juga mempunyai fitur-fitur yang mumpuni sehingga mampu bersaing dan lebih unggul dengan produk lokal lainnya. Berikut saya sajikan spesifikasinya:
LINUX SPARK and Enigma II Operating System

Free Download Aplikacations from Spark Portal

Full HD 1080p

Fully compatible with DVB-S, DVB-S2 and H264 MPEG-4 standard reception

Dolby Digital Audio System

DiSEqC 1.0, 1..1, 1.2 and USALS

Electronic Program Guide (EPG) foron-screen channel information

Parental lock facility by channel and program event

HDMI HD Video/Audio Output

USB 2.0 Host

PVR with timer and time shift Recording

Multimedia Player (Video, Music, Photo)

Internet Media (Opera, Youtube, IPTV, RSS Reader, Weather Forecast, Google Map)

Software Upgrade from Network.

(sumber; https://protech-parabola.com/2013/11/21/matrix-turbo-spark-dengan-sistem-operasi-linux/)

Receiver ini juga dilengkapi dengan port Ethernet dan juga rs232 yang dapat memudahkan anda bila ingin mengkoneksikanya dengan Internet atau bila anda ingin meng-upgrade nya anda bisa langsung melakukannya dengan menggunakan port rs232. Selain itu receiver ini juga bisa menangkap sinyal wifi dari Hp atupun router tetapi anda harus punya dongle wifi terlebih dahulu yang berfungsi sebagai penangkap sinyal. Untuk masalah remote nya, saya bisa katakan cukup nyaman untuk digemgam dan juga responsif tidak seperti beberapa model receiver lainnya yang sering bermasalah pada fungsi remote.

Hal lainnya yang menarik dari receiver ini adalah mempunyai fitur dual boot. Artinya anda seperti memiliki dua receiver sekaligus karena bisa berfungsi pada sistem Spark dan juga Enigma II. Spark merupakan sistem bawaan dari Matrix ini sendiri sementara Enigma II disitulah tempat anda untuk berkreasi. Di sistem Enigma II anda bisa mengganti ganti image sesuai dengan yang anda inginkan. Untuk lebih jelasnya saya kasi gambaran bahwa sistem Enigma pada Matrix Spark sama halnya dengan root pada android. Ketika sebuah android sudah di root maka anda bisa menginstal rom apa saja yang anda inginkan asalkan sesuai dengan android anda begitulah gambaran singkatnya tentang fungsi Enigma di Matrix Turbo Spark III. Untuk memudahkan anda dalam mengoprek Receiver Matrix Turbo Spark ini sebaiknya anda mempunyai sebuah laptop bila anda pemula. Walaupun sebenarnya menggunakan Android juga bisa dan bahkan tanpa kedua alat itupun anda masi bisa mengoprek Receiver ini tetapi hal tersebut dilakukan oleh orang-orang yang benar-benar sudah mengerti tentang Receiver ini. Anda tinggal memasukkan apa yang anda perlukan ke dalam Flash Disk selanjutnya anda bisa meng-eksekusinya menggunakan remote. Baiklah, mari kita bahas satu persatu.

Mode Spark

  • Siaran

Disini anda bisa melihat semua siaran tv yang sudah anda dalam receiver anda. Anda bisa merubah nama siaran, posisi dan lainnya sesuai dengan yang anda inginkan.

  • Install

Isinya tentang instalasi satelit. Di menu ini anda bisa mengatur antenna parabola anda. Misalkan anda menggunakan lnb lebih dari satu, maka anda anda harus mengatur port nya sesuai dengan port yang anda masukkan pada diseq sehingga sinyalnya bisa muncul di receiver anda.

  • Sistem

Di menu sistem, anda bisa merubah bahasa, font, waktu, dan lain sebagainya termasuk bila anda ingin mengembalikan receiver ke pengaturan pabrik. Di menu ini juga anda bisa mengatur jaringan. Misalkan anda ingin meng-koneksikan receiver anda dengan Internet melalui router atau via wifi.

  • Daftar file

Receiver ini mempunyai kemampuan untuk membaca file yang anda masukkan ke Flash Disk ataupun external Hard Disk. Misalkan anda ingin menonton film-film yang sudah anda download anda bisa melakukannya melalui menu ini.

  • Plug in

Menu ini isinya adalah plugin yang sudah kita install terlebih dahulu. Plugin ini fungsi bermacam-macam tergantung kita membutuhkan untuk apa termasuk salah salah satunya plugin untun bisa membuka acakan siaran seperti powervu, biss, tanberg dan lain-lain.

  • Jaringan

Di menu jaringan anda bisa menikmati siaran-siaran IPTV tentunya dengan adanya koneksi internet. Youtube juga tersedia di menu ini dan beberapa fitur lainnya.

  • Portal

Portal merupakan tempat dimana anda bisa memperbaharui receiver anda ke versi terbaru apabila pihak Matrix telah me-release nya. Pembaruan disini harus dilakukan secara online.

 

Mode Enigma

 

  • Pengaturan

Isi menu pengaturan adalah
Sistem

Di sistem ini anda dapat mengatur jaringan untuk bisa mengkoneksikan receiver anda dengan internet, bahasa, merekam, teks, zona waktu, tombol pintas, dan lain sebagainya.

Pelacakan Chanel

Menu ini khusus untuk mengatur tentang antenna. Seperti yang saya utarakan sebelumnya, bila anda ingin mengatur lnb yang anda gunakan lebih dari satu disinilah letak pengaturannya. Melalui menu ini juga anda bisa melakukan pelacakan sinyal sesuai yang anda inginkan.

Pengaturan OSD

Pengaturan OSD atau On Screen Display berfungsi untuk mengatur tampilan layar sesuai yabg anda inginkan. Misalkan posisi tampilan menu sedikit ke kanan, ke kiri, ke bawah atau ke atas anda dapat mengaturnya disini.

Parental Control

Adalah tempat dimana anda mengatur siaran-siaran yang boleh ditonton atau tidak boleh ditonton oleh anak-anak. Dengan mengaktifkan Enable Parental Protection maka anda bisa memilih siaran-siaran tersebut.

Parameter Pabrik

Menu yang isinya untuk mengembalikan receiver ke pengaturan pabrik

Pembaruan Siftware

Disini anda dapat mengecek secara langsung apabila sudah terdapat update terbaru untuk image yang anda gunakan di receiver anda selain mengecek langsung ke web nya. Sebagai contoh, saya menggunakan image open pli, maka saya bisa mengecek langsung ke web nya yaitu openpli.org.

  • Plugins

Ini merupakan tampilan menu plugins. Seperti terlihat di gambar, anda bisa mengakses oscam, youtube, file explorer dan lain sebagainya melalui menu ini. Disini anda mengunduh plugin lainnya layaknya seperti playstore di Android tentunya dengan adanya koneksi internet. Bahkan disini abda bisa menginstal plugin Facebook yang berarti anda bisa membuka Facebook melalui Receiver ini, namun sudah pasti anda tudak akan senyaman menggunakan android.

  • Sat Venus Panel

Sat Venus merupakan sebuah addon’s seperti yang sering anda jumpai pada browser Google Chrome, Mozilla Firefox dan lain sebagainya. Melalui addon’s ini anda dapat menikmati fitur menarik yang tersedia di dalam nya. Tinggal koneksi dengan internet, download lalu install.

  • Pewaktu

Ini merupakan menu untuk mengatur timer. Anda bisa mematikan receiver dengan sendirinya sesuai dengan waktu yang telah atur disini.

  • Informasi

Merupakan sebuah menu untuk melihat informasi tentang receiver, seperti software yang anda gunakan, chipset, cpu, image, update terakhir termasuk info tentang chanel yang sedang anda tonton.

  • DuckBA Multiboot

Merupakan salah satu fitur menarik yang bisa anda install bila anda menggunakan mode Enigma. Melalui menu DuckBa Multiboot, anda langsung bisa kembali ke mode Spark tanpa harus mematikan receiver terlebih dahulu. Sangat menarik bukan? hanya dengan menggunakan remote sambil tidur anda langsung bisa kembali ke mode Spark.

Lalu bagaimanakah cara untuk berpindah dari mode Spark ke Enigma? Nah untuk lebih jelasnya tentang hal ini, saksikan saja video berikut https://youtu.be/flHMEF2xyfU

Itulah pembahasan yang bisa saya ulas mengenai Receiver Matrix Turbo Spark III. Saya harap postingan ini memberikan manfaat yang baik untuk para pembaca. Bila ada pertanyaan ataupun kritik yang ingin kalian sampaikan, silahkan melalui komentar. Terima kasih dan salam @tfq86.

Ingin lebih tau tentang @Steempress-io? bergabunglah bersama kami di discord https://discord.gg/TyvbBTg

Leave a Reply