Mengenal Jenis-jenis LNB dan Kegunaannya [Steempress #05]

Hai sahabat steempress, .. .

Dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk membahas tentang Jenis-jenis LNB dan Kegunaannya. Dalam postingan sebelumnya saya sempat menyinggung sedikit tentang jenis LNB tersebut namun tidak membahasnya secara lebih dalam. Bila anda berkenan untuk membaca postingan sebelumnya, silahkan cek [disini](https://steemit.com/blog/@tfq86/jenis-jenisantennaparaboladankegunaannya-h5721gd68s). LNB (Low Noise Block) merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menangkap sinyal yang dipancarkan oleh satelit, tentunya dengan menggunakan alat lainnya yaitu antenna parabola. Tanpa adanya LNB maka mustahil kita bisa mendapatkan siaran-siaran yang dipancarkan oleh satelit tersebut. Bagi seorang tracker satelit termasuk saya pasti sudah sangat mengenal device yang satu ini. LNB tersebut tersedia dalam beberapa jenis. Setiap jenis dari LNB tersebut penggunaannya juga berbeda beda, tergantung kemana kita menginginkannya. Untuk lebih jelasnya tentang LNB, mari kita jelaskan satu persatu.

  1. LNB C-band

[Sumber](https://m.id.aliexpress.com/item/32815121154.html?trace=wwwdetail2mobilesitedetail&productId=32815121154&productSubject=HD-digital-high-performance-tv-lnb-c-band-lnb-5150MHz-eurostar-for-European-market-single-output)

LNB jenis ini merupakan Lnb yang sangat umum digunakan, khususnya di Indonesia Lnb ini digunakan untuk menangkap sinyal yang dipancarkan oleh satelit palapa dan telkom3s dimana kedua satelit tersebut diisi oleh siaran-siaran swasta nasional yang sudah sangat digemari oleh pemirsa. Seperti RCTI, SCTV, INDOSIAR, ANTV, TRANSTV, TRANS7, dan lain sebagainya. Lnb C-band memiliki frekuensi antara 5150 Mhz – 5750 Mhz sangat cocok untuk digunakan pada kedua satelit tersebut. Ciri utama dari Lnb ini adalah transponder nya terdiri dari empat digit. Dengan menggunakan LNB C-band ini kita sudah bisa menikmati siaran-siaran yang free to air (fta) maupun siaran-siaran yang terenkripsi. Untuk lebih jelasnya mengenai siaran-siaran yang bisa ditangkap dengan menggunakan Lnb C-band anda bisa mengeceknya di www.lyngsat.com

2. LNB KU-Band

 

 

[Sumber](https://www.freetv.co.nz/product/250540)

Lnb Ku band juga merupakan salah Lnb yang sering dipakai oleh tracker satelit. Dengan frekuensi antara 9750 Mhz – 10600 Mhz sering digunakan untuk menangkap sinyal satelit baik dari dalam maupun luar negeri. Adakalanya siaran tersebut berbayar ada juga yang free to air. Untuk provider tv dalam negeri yang menggunakan Lnb Ku band yaitu Orange tv yang menggunakan satelit palapa dan TransVision yang siarannya dipancarkan melalui satelit Measat 3a. Kedua provider tv tersebut adalah stasiun tv berbayar. Untuk bisa menikmati siaran-siaran nya kita harus memiliki decoder khusus yang disediakan oleh provider tv tersebut dan tentunya dengan membayar iuran bulanan. LNB jenis ini juga tersedia dalam dua jenis, yaitu offset dan prime focus. Untuk yang offset sering digunakan dish mini, sedangkan yang prime focus lebih sering digunakan pada parabola ukuran 6 feet keatas. Ciri khas Lnb ini adalah Transponder nya terdiri dari lima digit dan Kekurangan Lnb ini adalah sinyal akan menurun bahkan hilang apabila cuaca mendung atau hujan.

3. LNB S-band

[Sumber](http://www.berandasatelit.com/2016/04/spesifikasi-lnb-s-band.html?m=1)

Untuk Lnb uang satu ini tidak banyak satelit yang menggunakannya. Untuk provider tv dalam negeri, hanya Indovision dan Top yang menggunakan jenis Lnb ini. Sedangkan untuk provider tv lainnya, sejauh yang saya ketahui baik dalam dan luar negeri tidak ada yang menggunakan jenis Lnb yang satu ini. Frekwensi Lnb nya yaitu 3620 Mhz kelebihan Lnb ini adalah tahan dalam segala cuaca.

Itulah sedikit ulasan singkat dari saya tentang Lnb semoga bisa menjadi ilmu tambahan bagi para pembaca. Melalui @steempress-io ini saya akan coba untuk terus berkontribusi dalam membagikan pengetahuan saya tentang dunia persatelita yang sudah menjadi pekerjaan saya sehari-hari. Terimakasih, salam @tfq86.

Leave a Reply