Memaksimalkan Fungsi Antenna Parabola Dengan Menggunakan Actuator

Hi Steemians…

Kali ini saya tertarik untuk membahas tetang parabola. Di indonesia parabola sudah menjadi konsumsi wajib untuk setiap rumah tangga dalam memenuhi kebutuhan mereka akan tontonan untuk keluarga, terkhusus untuk wilayah yang berada diluar jangkaun antena UHF. Meskipun sekarang sudah ada alternatif baru untuk penikmat siaran televisi, yaitu DVB-T yang konon bisa menyajikan gambar yang lebih bening dari antenna UHF namun pengguna parabola tidak menurun bahkan bisa dibilang meningkat.

              Antenna Parabola Milik Sendiri

Dengan menggunakan antenna parabola, kita bisa mendapatkan lebih banyak siaran untuk ditonton tidak hanya siaran-siaran lokal tetapi juga bisa menikmati siaran-siaran menarik dari luar negeri. Itulah salah satu keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan antenna parabola dari pada antenna UHF. Antennas parabola juga mempunyai berbagai jenis. Ada yang tipe jaring, plat dan ada juga antenna parabola mini yang sering digunakan oleh provider pay tv dalam mendistrubusikan siaran-siaran nya kepada para pelanggan nya. Untuk kegunaan setiap jenis parabola ini, bisa kita jelaskan dalam postingan lainnya  Untuk postingan kali ini mari kita fokus pada memaksimalkan fungsinya dulu. Berikut saya berikan gambar-gambar untuk jenis antenna parabola.

     Parabola Jaring dengan rip aluminium

                        Parabola Solid

                             Parabola Mini

Itulah beberapa gambar jenis parabola yang bisa kita kupas dalam postingan lainnya.

Sekarang mari kita coba untuk membahas tentang memaksimalkan fungsi parabola itu sendiri. Seperti kita ketahui bahwa di angkasa ada ribuan satelit yang berjejer dari timur ke barat. Dengan menggunakan Actuator atau penggerak maka kita bisa menangkap sinyal dari berbagai satelit tersebut untuk bisa kita nikmati siaran-siaran nya bersama keluarga. Tanpa adanya aktuator maka siaran yang bisa nikmati hanya satu arah saja. Misalkan arah parabola pada satelit Palapa, maka siaran yang bisa kita nikmati hanya siaran-siaran yang ada pada satelit palapa tersebut. Seperti Rcti, Sctv, Gtv, Indosiar, dll. Tanpa adanya aktuator sebenarnya kita masih juga bisa untuk menangkap sinyal satelit dalam beberapa arah, namun dibutuhkan usaha yang maksimal dan sedikit menyulitkan, yaitu dengan cara menambah beberapa LNB pada satelite parabola tersebut. Biaya yang dibutuhkan juga lebih banyak

                              Gambar Lnb

 

          Aktuator parabola dan positioner

Dengan menggunakan aktuator dan positioner tersebut kita bisa memposisikan parabola pada arah satelit yang kita kehendaki untuk bisa menangkap siaran-siaran pada satelit tersebut. Namun sebelumnya antenna parabola tersebut sudah kita posisikan sedemikian rupa pada jalur satelit. Posisinya harus sesuai dengan posisi satelit yang ada di angkasa sana. Kemiringan Utara-selatan nya dan arah timur-barat nya harus seimbang dan tepat pada posisi satelit diangkasa. Bila posisi tersebut sudah benar, maka selanjutnya kita hanya tinggal menggerakkan parabola dengan menggunakan aktuator dan positioner pada arah satelit yang kita inginkan. Untuk lebih jelas, perhatian gambar berikut.

     Gambar Posisi Satelit dan Arah Parabola (Sumber: https://www.maniaksatelit.com/2017/05/belajar-traking-satelit.html?m=1) 

Bisa anda lihat sendiri berapa banyak siaran-siaran yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan antenna parabola dan aktuator. Di zaman sekarang ini dimana semua peralatan semakin canggih, alat-alat parabola pun semakin canggih pula. Sekarang ini tersedia banyak sekali receiver dengan kualitas HD dan sudah bisa di input Cccam yang beredar di pasaran dengan harga terjangkau. Kebanyakan receiver jenis HD ini sudah support untuk membuka beberapa jenis enkripsi (acakan) siaran yang sudah umum, seperti Biss, Powervu, Conax, Mediaaccess dan berbagai jenis acakan lainnya. Rata-rata siaran saat ini banyak menggunakan acakan Biss dan Powervu dan kebanyakan juga dari siaran-siaran yang diacak tersebut adalah siaran-siaran yang menarik dan berkualitas. Sebagai contoh Siaran BBC Earth yang terletak pada satelit Measat 3a isinya adalah tentang hewan, geografi dan banyak hal menarik lainnya menggunakan acakan Powervu dan sudah berkualitas HD. Siaran tersebut sudah bisa dinikmati hanya dengan menggunakan receiver seharga 200.000 rupiah. Sangat terjangkau bukan? Berbicara tentang Receiver, sekarang ini juga telah banyak receiver dengan berbagai kemampuan yang banyak beredar dipasaran. Receiver tersebut harganya juga bervariasi tergantung pada kemampuan yang dimilikinya. Receiver tersebut juga tersedia banyak jenisnya, dari model receiver mpeg2 biasa yang sudah sangat jarang digunakan karena keterbatasannya dalam menangkap siaran-siaran HD sampai dengan Receiver yang sudah berbasis Linux yang sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan tidak hanya untuk menangkap siaran satelit bahkan juga bisa digunakan untuk pemutar musik dan berbagai hal menarik lainnya yang tentunya untuk mengoperasikannya dibutuhkan kemampuan yang lebih tentang linux dan jaringan. Bahkan sekarang juga telah tersedia berbagai model receiver yang berbasis android. Sangat menarik bukan?

Dengan akan dimulainya pekan sepakbola tersebar sejagad raya, yaitu Pesta sepakbola empat tahunan Piala Dunia yang kali ini akan dihelat di Rusia para installer satelit termasuk saya, akan menjadi moment yang menarik dalam meraup pundi-pundi rupiah. Rerata orang meskipun bukan penggemar sepakbola sejati akan tetap terjangkit demam sepakbola jika mulai dunia mulai bergulir. Orang-orang akan berusaha untuk mendapatkan tontonan tersebut dirumahnya. Begitu juga warung kopi atau Cafe akan berusaha untuk menyajikan tontonan sepakbola tersebut untuk dapat menarik lebih banyak pelanggan yang mampir ditempat mereka. Dengan demikian installer parabola akan kebanjiran orderan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat yang terjangkit demam sepakbola empat tahunan tersebut. FYI, satelit intelsat20 dan satelit intelsat17, begitu juga satelit asiasat7 akan menyiarkan siaran piala dunia secara full melalui siaran Sony ESPN Sd dan HD, Sony Six dan Ten1 HD. Kesemua siaran tersebut menggunakan acakan Powervu yang bisa dibuka dengan menggunakan receiver HD seharga 200 ribuan. Seperti merek Tanaka, Matrix burger, Matrix extra HD, dan berbagai jenis receiver HD lainnya siaran sepakbola empat tahunan tersebut sudah bisa hadir kerumah anda tanpa harus membeli receiver resmi dari Official Broadcater piala dunia, untuk Indonesia pemilik hak siar resmi piala dunia kali ini adalah TransVision dan K-Vision yang kedua provider tersebut menjual docedernya sendiri dengan harga yang lumayan besar kisaran 1.200.000 rupiah.

Itulah sekilas penjelasan dari saya tentang antenna parabola dan cara memaksimalkan fungsi dengan menggunakan aktuator. Semoga postingan ini bermanfaat untuk para pembaca. Bila ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan menuju kolom komentar. Kritik dab saran yang membangun sangat saya harapkan dari pembaca sekalian, baik itu tentang isi postingan maupun tentang tampilan postingan saya untuk dapat membantu saya lebih baik lagi dimasa mendatang. Terimakasih, salam @tfq86.

THANK YOU FOR VISITING

This post is submitted by using Steempress-io. thank to @howo and @fredrikaa

 

 

 

Leave a Reply