Jenis-jenis Antenna Parabola dan Kegunaannya

Salam Eid Mubarak untuk semua muslim di seantero bumi semoga momen ini membawa keberkahan kepada umat manusia. aamiiin.

Baiklah sesuai janji saya dalam postingan sebelumnya tentang https://steemit.com/blog/@tfq86/memaksimalkanfungsiantennaparaboladenganmenggunakanactuator-xfzf00vyf

dimana disitu saya juga menyinggung sedikit tentang Jenis-jenis antenna Parabola dan dalam postingan kali ini saya akan membahasnya.

Antenna parabola pada dasarnya digunakan untuk menangkap sinyal satelit. Sinyal satelit tersebut juga ada beberapa macam. Ada yang dipancarkan dalam transponder C-band, KU-band dan ada S-band. Kesemua sinyal tersebut akan bisa ditangkap menggunakan antenna parabola dan LNB (Low Noise Block). LNB tersebut juga ada banyak jenisnya tergantung sinyal mana yang ingin kita tangkap maka LNB itu yang harus kita gunakan, dengan kata lain LNB harus kompatibel dengan sinyal. Dalam pembahasan kali ini mari kita fokus pada antenna parabola saja supaya tidak terlalu berbelit belit dan mudah untuk dipahami.

1. Antena Parabola Jaring (mesh)

 

Parabola jenis ini sangat umum digunakan di indonesia. Ukuran yang mudah di dapat dipasaran adalah 6 feet dan 8 feet untuk ukuran yang lebih besar seperti 10,12,14 sampai 22 feet sudah sangat langka hanya sedikit saja yang mempunyai parabola jaring ukuran ini. Parabola jenis ini biasanya disandingkan dengan LNB C-band dengan Transponder yang terdiri dari 4 digit sering digunakan oleh berbagai provider tv baik yang free maupun yang berbayar. Semakin besar ukuran parabola makan akan semakin besar pula persentase sinyal yang didapatkan. Khusus untuk wilayah indonesia, satelit palapa dan telkom3s yang berada pada titik 113e dan 118e menggunakan transponder jenis ini. Itulah sebabnya di Indonesia banyak kita jumpai di rumah-rumah penduduk menggunakan parabola jenis ini. Dengan harga kisaran 400.000 rupiah kita sudah bisa memiliki sebuah antenna parabola jenis jaring ini untuk bisa menikmati siaran-siaran tv nasional.

 

2. Antena Parabola Solid

 

Untuk antenna parabola jenis ini sebenarnya cocok untuk disandingkan dengan lnb C-band, KU-band maupun S-band namu dalam penggunaannya parabola jenis ini lebih sering disandingkan dengan LNB KU-band dikarenakan LNB KU-Band sangat peka dengan parabola solid. Parabola jenis ini lebih sedikit digunakan daripada parabola jaring oleh masyarakat dikarenakan harganya yang lebih mahal dan dalam penggunaannya juga lebih sulit. Hanya para tracker satelit yang sering menggunakan parabola jenis ini untuk memburu sinyal-sinyal satelit yang Out Of Beam dan sulit untuk dijinakkan. Parabola jenis ini juga mempunyai beberapa ukuran, seperti 4 feet, 6 feet dan 8 feet yang mudah untuk dijumpai dipasaran.

3. Antena Parabola Mini

 

Untuk jenis parabola yang satu ini lebih sering digunakan oleh berbagai provider pay tv. Untuk daerah Indonesia ada Indovision, K-Vision, Top tv, Orange tv, dan ada beberapa provider pay tv lainnya yang menggunakan jenis antenna parabola ini. Parabola jenis ini lebih kompatibel dengan LNB KU-band dan S-band sedangkan untuk LNB C-band hampir tidak mungkin kecuali untuk transponder yang persentase sinyal benar-benar meluber. Hal ini disebabkan oleh kecilnya ukuran antenna parabola ini sedangkan rerata persentase sinyal C-band minim berada di kisaran 50% keatas. Itulah kendala utama yang menyebabkan jenis parabola ini hampir tidak pernah digunakan untuk LNB C-band. Selain untuk mendapatkan sinyal dari siaran-siaran pay tv, parabola ini juga sering digunakan oleh para tracker satelit termasuk saya untuk menangkap sinyal satelit dari provider tv luar negeri yang siarannya bisa dinikmati secara gratis alias free. Sebagai salah satu contohnya adalah Satelit Thaicom5 milik pemerintah thailand yang berada pada titik 78.5° E. Satelit ini mempunyai ratusan siaran menarik yang bisa dinikmati secara gratis dengan memanfaatkan dish ex pay tv.

Itulah sedikit pembahasan singkat dari saya mengenai Jenis Antena Parabola serta kegunaannya. Saya berharap pembahasan ini memberikan manfaat untuk para pembaca. Jika terdapat kesalahan dalam tulisan ini, silahkan dikoreksi dibkolom komentar.

Terimakasih  salam Eid Mubarak @tfq86.

THANK YOU FOR VISITING

Discord steempres https://discord.gg/TyvbBTg

This post is submitted using by steempress-io thank to @howo and @fredrikaa

Leave a Reply